Jika Tertelan Permen Karet Apa Berbahaya? Begini Akibatnya dan Ini Yang Sebaiknya Dilakukan


Permen karet adalah salah satu kudapan yang banyak dipilih orang untuk menemani aktivitas. Tua, muda, bahkan anak-anak menggemari jenis permen yang satu ini.

Namun ada kalanya permen karet bisa berujung bahaya. Perlu diketahui, permen karet tidak bisa dicerna secara sempurna oleh usus kita.

Karena itu permen ini tidak boleh dimakan atau ditelan. Lalu bagaimana jika tak sengaja tertelan?

Jika hanya sekali dan dalam jumlah yang sedikit (maksimal satu buah) maka tidak mengapa. Karena usus mempunyai cara sendiri untuk mencerna dan membuang permen karet ini bersama tinja ketika buang air besar.

Usus mempunyai gerakan peristaltik, yakni semacam kombinasi gerakan melingkar dan membujur untuk menggerakkan makanan menuju jalur akhirnya ke anus.

Dengan gerakan peristaltik ini, permen karet yang tertelan bisa dibuang melalui anus bersama tinja. Akan tetapi, Anda tetap harus berhati-hati jika tak sengaja menelan permen karet.

Nah, yang menjadi masalah besar adalah jika permen karet ditelan dalam jumlah besar atau jika yang menelannya adalah anak kecil. Ini berujung pada penyumbatan saluran pernapasan dan bisa membuat obstruksi atau hambatan di saluran pencernaan. Hal ini bisa sangat berbahaya.

Lalu apa yang sebaiknya dilakukan jika permen karet tertelan?

Pertama, pastikan bahwa permen karet tidak menyumbat saluran pernapasan dan tenggorokan.

Jika menyumbat, segera keluarkan apabila masih bisa dijangkau dengan tangan. Jika tidak segera bawa ke rumah sakit.

Kedua, jika tidak sampai menyumbat, cukup perbanyak minum air putih

Semoga Tips ini bermanfaat

Sumber: dream.co.id